logo2_400x400hiper

Hyperchem

image_pdfimage_print

logo2_400x400hiper

TUTORIAL APLIKASI HYPERCHEM

Bagi kita anak kimia, sudah tak asing lagi dengan yang namanya molekul kan? Apalagi kalau disuruh buat bentuk molekul yang bentuk nya ribet. Nah, sekarang  gak usah binggung lagi untuk membuatnya. Sekarang  sudah ada aplikasi yang mempermudah kita untuk membuat berbagai bentuk molekul yaitu dengan menggunakan HyperChem.

Apasih HyperChem itu ?

Hyperchem adalah salah satu aplikasi kimia komputasi yang relatif mudah untuk digunakan karena sifatnya yang langsung bisa menunjukkan tampilan dari apa yang hendak kita buat. Meskipun demikian ini hanyalah sekelumit tentang kemampuan Hyperchem yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan media belajar yang sederhana namun secara komputasi kimia dibenarkan. Tentu saja kalau semua kita lakukan dengan benar, tidak asal gambar, seperti sebelum menggunakan software layaknya Hyperchem ini.

Bagi teman-teman yang belum mempunyai Aplikasi HyperChem, dapat mengunduh aplikasi dibawah ini:

Download: HyperChem.v8.0.8.rar

Buat teman-teman yang belum tahu HyperChem itu apa, berikut akan saya jelaskan sedikit langkah-langkah menggunakan aplikasi.

TUTORIAL  CARA MENGINSTAL APLIKASI HYPERCHEM DAPAT DILIHAT DAN DIUNDUH

DI SINI

Berikut, akan saya jelaskan sedikit langkah-langkah menggunakan aplikasi HyperChem :

1. Klik Start – all program- hyperchem professional

1

2.Kemudian akan muncul tampilan awal sebagai berikut .

2

3. Untuk memulai menggambar molekul yang kita inginkan, klik pada tombol Draw

3

4. Klik Build- default element (untuk memunculkan SPU)- klik unsur yang akan kita buat

4

5. Misalkan kita ingin membuat struktur benzena

5

6. Lakukan optimasi geometri agar bentuk molekulnya menjadi benar secara kimia komputasi dengan standar hitungan dengan menggunakan salah satu metode, misalnya menggunakan metode Ab Initio. Klik menu Setup pada menu bar. Klik Ab Initio hingga tercentang terus klik Ok.

6

7. Selanjutnya kita lakukan optimasi geometri terhadap bentuk molekul yang kita buat. Klik menu Compute, Klik Geometry Optimation dan klik Ok. Selanjutnya tunggu hingga proses optimasi selesai yang ditandai dengan Converged = YES. (ada pada bagian status bar, terletak dibagian bawah layar kerja Hyperchem)

7

8. Jika ingin menampilkan hasil dalam berbagai model, seperti yang ditawarkan pada menu Display, Rendering, pilih metode rendering yang kita inginkan.

8

TUTORIAL  CARA MENGGUNAKAN APLIKASI HYPERCHEM DAPAT DILIHAT DAN DIUNDUH DI SINI

Dan untuk lebih jelasnya lihat video tutorialnya di bawah ini ya..

 

Selamat mencoba teman-teman…