Kimia Itu Penting!!!

image_pdfimage_print

chemistry

Kimia itu PENTING!!!

Kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi materi, sifat zat dari skala atom hingga molekul dan perubahan atau transformasi serta energi yang menyertai perubahan.

Sebenarnya apa pentingnya ilmu kimia bagi kita?

Apabila kita memikirkan tentang semua yang ada di sekitar kita, dari yang terdekat sampai yang terjauh, maka yang kita temukan adalah semuanya tersusun dari zat kimia. Lalu kenapa ada yang menyebutkan bahwa ‘tanpa bahan kimia’?

Bagi orang yang menyadari dan mengerti ilmu kimia, hal itu merupakan kebohongan, karena tidak ada barang yang bisa kita sebut tersusun bukan dari zat kimia. Pernyataan tersebut seolah – olah mengatakan kepada masyarakat  bahwa ‘zat kimia’ merupakan hal yang hanya membahayakan hidup manusia. Padahal hal tersebut salah, mungkin banyak yang kurang menyadari bahwa yang paling sering digunakan dan disekitarnya merupakan susunan dari zat kimia. Tidak semua zat kimia berbahaya, seperti: makanan yang kita makan tersusun dari bahan kimia, misalnya: nasi (mengandung karbohidrat, tersusun dari atom Carbon, Hidrogen, Oksigen); atau yang biasa kita minum seperti air (tersusun dari Hidrogen dan Oksigen).

Ilmu kimia bukanlah ilmu yang hanya membahayakan masyarakat, tetapi juga bermanfaat dan penting bagi masyarakat. Namun masih banyak yang kurang menyadari hal tersebut. Jika kita memikirkan hal – hal yang ada di sekitar kita, maka sebenarnya yang terjadi adalah reaksi – reaksi kimia. Ilmu kimia dapat menjelaskan proses berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari, seperti dalam:

Memasak

Kimia menjelaskan bagaimana perubahan makanan seperti yang Anda memasaknya, bagaimana busuk, bagaimana untuk mengawetkan makanan, bagaimana tubuh Anda menggunakan makanan yang anda makan, dan bagaimana berinteraksi bahan untuk membuat makanan.

Pembersihan

Bagian dari pentingnya kimia itu menjelaskan cara kerja pembersihan. Anda menggunakan kimia untuk membantu memutuskan apa yang terbaik untuk pembersih piring, cuci, diri sendiri, dan rumah Anda. Anda menggunakan kimia saat Anda menggunakan pemutih dan desinfektan dan bahkan sabun biasa dan air. Bagaimana mereka bekerja? 

Obat

Anda perlu memahami kimia dasar sehingga Anda dapat memahami bagaimana vitamin, suplemen, dan obat-obatan dapat membantu atau membahayakan Anda. Bagian dari pentingnya kimia terletak pada pengembangan dan pengujian pengobatan medis baru dan obat-obatan.

Isu Lingkungan Hidup

Kimia adalah jantung dari isu lingkungan. Apa yang membuat satu kimia nutrisi dan polutan kimia lain? Bagaimana Anda bisa membersihkan lingkungan? Apa proses dapat menghasilkan hal-hal yang Anda butuhkan tanpa merusak lingkungan?

Karena ilmu kimia yang dapat memahami reaksi – reaksi yang terjadi, ilmu kimia dapat berguna untuk mencari suatu solusi suatu permasalahan lingkungan maupun kesehatan. Itulah sebagian dari banyak manfaat ilmu kimia. Kimia itu sangat penting dan janganlah hanya menganggap kimia hanya membahayakan manusia. Yuk kenali kimia smiley