Virtual Chem Lab

image_pdfimage_print

Aplikasi Virtual ChemLab merupakan salah satu contoh aplikasi kimia dalam android. Dengan adanya aplikasi ini kita semakin dimudahkan dalam melakukan percobaan-percobaan tanpa harus secara langsung masuk kedalam laboratorium sebenarnya dan  dapat mengeksplorasi reaksi kimia dengan alat lab yang berbeda. Aplikasi kimia Virtual ChemLab  dapat kita gunakan seperti kita melakukan percobaan secara langsung seperti menuangkan bahan kimia dalam gelas ukur, mencampurkan senyawa satu dengan senyawa yang lain dalam satu wadah yang sama, memanaskan suatu senyawa dengan menggunakan pembakar bunsen, menghisap atau memindahkan suatu senyawa dengan menggunakan pipet, mengukur suhu dengan menggunakan alat thermometer dan masih banyak lainnya.

Virtual ChemLab telah menawarkan berbagai macam keuntungan yang didapatkan saat penggunaan aplikasi yang bersangkutan tersebut antara lain tampilan virtual pada aplikasi kimia Virtual ChemLab tahap 3D memungkinkan efek paralaks dari sudut yang berbeda, sehingga anda dapat melakukan segala sesuatu seolah-olah anda berada di sebuah laboratorium nyata dan ChemLab juga memiliki dan melengkapi built-in databasnya  dengan lebih dari 200 reagen kimia yang dapat digunakan dalam percobaan kimia serta kita tidak perlu takut akan terjadinya pecahnya alat-lat yang digunakan saat percobaan ataupun terjadinya ledakan dari reaksi yang kita lakukan.

Teman-teman dapat mengunduh aplikasi Virtual ChemLab di Google Play Store.

Bagi teman-teman yang ingin mencobanya, berikut ini tutorial cara menggunakan aplikasi Virtual ChemLab:

  1. Klik pada icon Chemist Free – Virtual Chem Lab
  2. Maka akan muncul tampilan awal dari aplikasi tersebut , klik “done” untuk melanjutkan
  3. Dan berbagai percobaanpun dapat dilakukan dengan cara mengklik berbagai bahan ataupun alat yang dibutuhkan pada 3 icon pilihan dan mendragnya pada layar kosong
  4. Klik icon gelas ukur untuk memilih berbagai macam alat yang akan digunakan
  5. Klik icon seperti air untuk memilih berbagai macam bahan
  6. Klik icon garis garis untuk memilih berbagai macam alat ukur

Untuk lebih jelasnya dapat melihat video tutorial aplikasi Virtual ChemLab berikut ini:

 

Video dapat diunduh di sini

Tinggalkan Balasan